Kalapas Hadiri Pembukaan Bimbingan Teknis Penumbuhan dan Pengembangan WUB IKM Batik

oleh -1978 Dilihat

LapsustikNews- Fonika Affandi, Kepala Lapas Narkotika Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, menghadiri pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah (IKM) Batik di Lapas Kelas I Cipinang pada (5/9). Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Lapas Kelas I Cipinang, Kementerian Perindustrian, dan Yayasan Batik Indonesia untuk membekali warga binaan dengan keterampilan baru di bidang batik, sebagai bagian dari upaya menciptakan wirausaha berdaya saing.

Kepala Lapas Kelas I Cipinang, E.P. Prayer Manik, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan memperkuat struktur industri nasional dengan menciptakan wirausaha baru yang mandiri. “Bimtek ini merupakan perwujudan tiga pilar utama dalam membina narapidana: masyarakat, petugas pemasyarakatan, dan narapidana,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Reni Yanita, Dirjen IKM dan Aneka Kemenperin; Ketua Yayasan Batik Indonesia, Gita Pratama; serta pejabat dari Kementerian Hukum dan HAM, termasuk Supriyanto, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dan Erwedi Supriyatno, Direktur Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan. Mereka memberikan dukungan penuh atas inisiatif ini, yang juga melibatkan berbagai stakeholder dan mitra terkait.

Reni Yanita menekankan bahwa IKM memiliki peran strategis dalam perekonomian nasional, menyerap sebagian besar tenaga kerja industri, dan membuka peluang usaha baru. “Dengan pelatihan ini, kami berharap warga binaan mendapatkan peluang kerja dan usaha yang lebih baik setelah bebas,” jelasnya. Supriyanto juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Perindustrian dan Yayasan Batik Indonesia atas kolaborasi ini, yang diharapkan dapat membantu meningkatkan keterampilan dan taraf hidup warga binaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.