Upacara Hari Pramuka di Lapas Narkotika Jakarta, Tekankan Pentingnya Nilai-Nilai Kepramukaan di Era Digital

oleh -1739 Dilihat

Jakarta, 14 Agustus 2024 – Upacara peringatan Hari Pramuka ke-63 tahun 2024 dengan tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI” di Lapas Narkotika Jakarta berlangsung khidmat.

Acara yang dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, R. Andika Dwi Prasetya, ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi DKI Jakarta, Direktur Pembinaan Narapidana dan Anak Binaan,perwakilan dari TNI dan Polri, Kepala UPT Pemasyarakatan Kanwil DKI Jakarta, serta Warga Binaan.

Membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Andika menyampaikan tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini, seperti maraknya penggunaan gadget, judi online, dan pengaruh budaya asing. “Gerakan Pramuka,” tegasnya, “merupakan jawaban atas tantangan tersebut. Nilai-nilai kepramukaan seperti gotong royong, nasionalisme, dan kecakapan hidup sangat relevan dalam membentuk karakter generasi muda yang tangguh dan berakhlak mulia.”

Andika juga menekankan pentingnya pengembangan kecerdasan SESOSIF (Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik) pada diri setiap Pramuka. Kecerdasan ini, menurutnya, akan membekali generasi muda dengan kemampuan untuk menghadapi berbagai permasalahan hidup dan menjadi agen perubahan bagi bangsa.

“Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang baik antara Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta dengan Kwarda, Kwarcab, serta Kwarting,” ujar Andika. “Semoga sinergi ini terus terjalin dan semakin kuat, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi para warga binaan dan masyarakat luas.”

Upacara ini tidak hanya menjadi momen peringatan, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkuat komitmen bersama dalam mengembangkan Gerakan Pramuka. Dengan semangat kepramukaan, diharapkan dapat tercipta generasi muda yang berkarakter, berintegritas, dan mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.